...and the story begin
TOPENG MONYET
Monday, January 16, 2006
 

Wah, lama banget nggak nonton aksi topeng monyet. Saking lamanya sudah nggak inget lagi kapan terakhir kali nonton tuh monyet beraksi.
Senin seminggu yang lalu, sepulang kerja. Belom lagi aku berganti pakaian, dari jauh kedengeran suara gendang dipukul, sorak sorai anak2xpun mengikuti dari belakang.
"topeng monyet...topeng monyet..." teriak mereka sambil terus ngikutin topeng monyet dari belakang.



"Sini pak..!!" panggilku. Aku juga kangen, yaaa itung2x nostalgia masa kecil sambil nyenengin Alif dan anak2x yang ternyata sudah berkerumun menunggu aksi si topeng monyet. Dung dung trek dung dung...bunyi genderang mulai ditabuh..
Monyet beraksi, mulai dari memakai topeng, menjadi tentara dengan membawa senapan, berbelanja ke pasar, membawa hasil pancingan. Kaya'nya standar banget deh, dan urutan2xannyapun itu itu saja. Aku minta dua kali pertunjukan, dan pasti atraksi pertama monyet mengambil topeng reog, melompat seperti sedang atraksi reog, begitu seterusnya...sampai aku hafal apalagi setelah ini...
Mungkinmonyet lebih mudah mengingat apa yang harus dilkukan dengan berurutan. Coba kalo atraksi memakai topeng reog jadi paling akhir, membawa senapan dijadikan atraksi pertama...bisa nggak ya???



Kasihan juga lihat monyetnya, kelelahan mencari uang. banyak luka di sana sini yang sama sekali tidak diobati. Batinku.."dasar tidak berperi kemonyetan, mau uangnya doang". Monyet itu juga ditempatkan di kotak yang sangat sempit, sampai harus meringkuk. Mungkin kalo monyetnya bisa bilang, dia bakal protes ya soalnya kakinya pada kesemutan.



Belakangan aku tau', ternyata seperangkat piranti pertopeng monyetan itu seharga satu juta rupiah, dengan monyet yang sudah pinter tentunya. Kalo sehari monyet itu ditanggep 10 kali, dengan rata rata penghasilan 10 ribu sekali tanggep, lumayan juga nih bisnis monyet hehe bisa dapetin seratus ribu sehari. Bisa pulang modal dalam sepuluh hari dong ya...:).Tapi belom tentu juga setiap harinya laku segitu...
Besok aku mau beli seperangkat peralatan topeng monyet ah...



Berminat jadi pawangnya???

unai @ 7:43 PM -

21 Comments:
  • At 11:30 PM, Anonymous moeng tea said…

    nggaaaa....ngga mauuuu...jangan paqsa daquu....*lari sejauh2nya dari unai* :D

     
  • At 3:56 AM, Blogger Sam said…

    wah aku ki wis duwe topenge...kari monyete sing durung..... ngalamar dadi monyet toh jeng kekekeke. walah kok ono wae postinganmu.

     
  • At 11:48 AM, Anonymous Anonymous said…

    Memang berbakat jadi UKM nih...
    kalau terkabul, harus punya jiwa perikemonyetan :D
    doel

     
  • At 1:42 PM, Blogger mutiara nauli pohan said…

    no thank u
    he..he.. aku paling takut ma binatang
    buat nonton juga ga deh

     
  • At 8:34 PM, Blogger Bunda Raihan said…

    nggak ah..Raihan tuh paling takut ama topeng monyet..klo liat topeng monyet, langsung jalan2 mundur sambil tangannya di goyang2 .."nggak nda" ..gitu

     
  • At 10:05 PM, Anonymous windede said…

    kok namanya topeng monyet sih? bukannya yg bermain monyet beneran?

    andai saja teori darwin bener, betapa kita telah berlaku tidak sopan kepada nenek-moyang huehehehe

     
  • At 2:57 PM, Blogger Bverly said…

    kayaknya asyiik ya nonton topeng monyet. Dimana sih ada??

     
  • At 5:43 PM, Anonymous Q said…

    Topeng monyet di tempatku sekarang lebih kreatif. Kalo jamanku dulu musik pengiringnya cuma kendang kecil dan beberapa alat2 kecil lain. Sekarang pada pake musik yang rame banget, jadinya mengundang banyak orang buat ikut nonton. Bahkan ada yang pake musik Dangdut loh!! :D

     
  • At 9:58 PM, Blogger siwoer said…

    halah mak, mak. kok ya mo bisnis topeng monyet sgala? :P

    met wiken ye mak.

     
  • At 11:34 PM, Blogger Ida Syafyan said…

    Waduh... jadi inget wau-wau aku yang dulu ilang hiks... Pin-pin, where are you??

    Dulu waktu beli namanya hendrik, trus udah masuk Islam namanya aku ganti Aripin nickname Pin-pin...

     
  • At 3:46 PM, Anonymous adi said…

    wah jgn meng"obyek"kan si alif dong...
    kasian

    demi ambisi ibunya yg pengen bisnis topeng monyet, trus anaknya dikorbankan...

    *kabuuurrrr*

     
  • At 6:11 PM, Blogger unai said…

    Moeng hayo kamu harus mau..secara kamu sudah dikursuskan heheh

     
  • At 6:12 PM, Blogger unai said…

    Mas Sam..kangen ya ma monyet hihi, lagian emang di Jakarta masih nemu tuh monyet bertopeng??

     
  • At 6:13 PM, Blogger unai said…

    Om Doe, jiwa berperikemonyetan itu penting..hhehehe

     
  • At 6:20 PM, Blogger unai said…

    Uli,Keknya sekali2x perlu deh nonton kek beginian..hihihi takut ya??

    BUNDA...ya BUnda ajah yang nonton..Raihan gak usah diajak, kan Bunda pingin hehe

    Pak Win, topeng monyet maksudnya monyetnya pake topeng, lha kalo otang yang bertopeng namanya topeng orang :P...mau nyobain???

    Bev..di Jogja masih ada tuh topeng monyet, sudah langka sih..

    Q..oh ya...pasti kamu senneng kan yang pake musik dangdut, ketauan nonton paling depan hehe

    Woer..bisnis apapun bolleh kannn???, met wiken juga ya...mau ikut bisnis??

    Ida..turut berduka ya atas hilangnya Pin-Pin..hiks

    Adi..*jitak ah

     
  • At 6:20 PM, Blogger unai said…

    Uli,Keknya sekali2x perlu deh nonton kek beginian..hihihi takut ya??

    BUNDA...ya BUnda ajah yang nonton..Raihan gak usah diajak, kan Bunda pingin hehe

    Pak Win, topeng monyet maksudnya monyetnya pake topeng, lha kalo otang yang bertopeng namanya topeng orang :P...mau nyobain???

    Bev..di Jogja masih ada tuh topeng monyet, sudah langka sih..

    Q..oh ya...pasti kamu senneng kan yang pake musik dangdut, ketauan nonton paling depan hehe

    Woer..bisnis apapun bolleh kannn???, met wiken juga ya...mau ikut bisnis??

    Ida..turut berduka ya atas hilangnya Pin-Pin..hiks

    Adi..*jitak ah

     
  • At 7:02 PM, Blogger isna_nk said…

    Nai... Kok kamu sempat Tanya harga seperangkat alat sholat dibayar tunai .. eh salah.... Maksudku seperangkat piranti topeng monyet segala n sudah bikin analisis biaya segala, kayaknya kamu ada minat bener mo bisnis sampingan yg satu ini. Aku ndaftar jadi kasirnya saja, ntar kamu yg jadi pawangnya :D enggak sekalian Tanya cara melatihnya kemarin?

     
  • At 10:12 PM, Anonymous Tina said…

    Wah, inget topeng monyet jaid inget Chacha waktu kecil suka nonton monyet, hehe..

    Ini leot sejuk amat. aku suka bgnya, keren unai..

     
  • At 11:39 AM, Blogger Sisca said…

    Mbak Unai,

    Tiap postingan yg mengingatkan satu kecerian berkumpul bersama, membuat aku semakin rindu kepada tanah air.

    Terakhir nonton topeng monyet 2002, monyetnya bernama Sarini...ayo...Sarini mo ke pasar...bawa keranjang, pake payung...ayo ..ayo...siapa yang mau nitip *Sarini kejar setoran* :)

     
  • At 6:14 PM, Blogger mimimama said…

    sek sek ngaca dulu... hmmm masih jelek'an monyet itu ternyata kikikikik :p

     
  • At 9:28 AM, Anonymous Anonymous said…

    I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! Auto insurance disputes in california

     
Post a Comment
<< Home
 
 
Profile

unai - Yogya, Indonesia
Sebelum kita mengantarkan mentari pulang ke peraduan, mari buka tirai sejenak, agar angin menelusupkan damai...meninggalkan rahasia..entah untuk siapa??? UNTUKMU ???
My profile

 
tag here please
Free shoutbox @ ShoutMix
 
 
Guys Next Door
 
Other Side of Me
 
 
Hobbies
 
Previous Post
 
Recent Comments
 
Archives
 
credits

BLOGGER


BlogFam Community

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 62
Lomba Hut ke-3 Blogfam

Tour de Djokdja

Pesta Blogger 2007