...and the story begin
Hari Pertama di Padang
Sunday, January 13, 2008
 
Kunjungan kenegaraan ke Padang, aha..tugas kantor akhirnya yang membawa saya sapai ke kota itu. Sebelumnya hanya bisa berandai saja, kapan bisa datang, menginjakkan kaki di kota yang menghasilkan banyak penulis ternama itu?

Terbang pagi pagi sekali dari Jogja-Jakarta-Padang. Jam 10 saya sudah tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau. Saya terpekik salam hati...

"ohh saya tiba juga di negeri antah berantah ini, kota yang belum pernah saya kunjungi, sebelumnya."

Sengaja saya tidak mengabari Uda tentang waktu kedatangan saya ini tidak juga Cici. Mereka hanya tau, saya akan datang nanti, dengan penerbangan terakhir. Bergegas saya melompat ke dalam Damri setelah mengambil bagasi, menentengnya, dan menempatkannya di bawah tempat duduk saya. Barulah di dalam perjalanan menuju hotel saya kirim sms untuk uda ;
"Sabanta lai ambo tibo di sinan da, tunggu se ;)" tersenyum saya menekan tombol send dan membayangkan uda yang merasa ditipu. Dia mengira saya akan datang menjelang malam, ternyata masih pagi saya sudah tiba di sana. 45 menit perjalanan menuju pusat kota, tempat penginapan yang sudah sejak jauh hari saya pesan ini berada.

Siang itu di hari pertama saya datang, sambil menunggu teman blogger yang datang menemui, saya mencicipi soto "Simpang Karya" yang kebetulan jaraknya hanya selemparan kolor dengan hotel. Warung kecil yang terletak di ujung (entah pelimaan entah perempatan) ini ramai sekali. Tak heran karena memang sudah waktunya makan siang.

Hanya ada satu bangku kosong menghadap ke jalan. Satu mangkuk kecil soto dengan sepiring "nasi tak kompak" (untuk mengatakan nasi yang keras dan berhamburan) dengan lahap saya nikmati. Tapi sebelumnya saya mengamati bagaimana cara orang Minang ini menikmati sotonya. Mereka menumpahkan semua soto di dalam mangkuk itu ke dalam piring nasi, Olala...

Sambil menikmati sendok demi sendok soto yang nikmat itu, saya telpon Om cakep ini. Jadilah siang itu saya makan soto sambil 'ditemani' dari jauh. Thanks yah Om ;).

Berjalan menyusur pusat kota di tengah hari panas dan sendirian membuat saya benar benar merasa terasing di sini. Ditambah saya tak pandai berbahasa seperti mereka, duhhh Saya segera sms Cici, minta ditemani. Sayang Cici datang ketika hari menjelang malam. Dengan sepeda motor pinjaman, saya dan Cici menikmati es kelapa muda di tepi Pantai Padang, sambil mengantar matahari pulang. suatu pemandangan indah belum saya lihat sebelumnya.



Lihat...betapa hati saya tertambat di ranting kering dan jingganya mentari senja itu.

*) bersambung...

unai @ 3:27 PM -

11 Comments:
  • At 6:24 PM, Blogger escoret said…

    pantes..aku ke jogja..situ ga ada..!!!
    ternyata...oh...

    *oleh2 bun..awas lali*

     
  • At 6:56 PM, Anonymous aprikot said…

    ealah lg kunjungan kenegaraan rupanyo si bunda ini..brapo lamo bunda di Padang?

     
  • At 7:25 PM, Anonymous iman brotoseno said…

    kopdar kopdar

     
  • At 7:53 PM, Anonymous avartara said…

    Sslamt Datang di padang ya mbak,...moga berkesan,..oya klu doyan makan-makan jgn lupa singgah di Cendol Patimura,...kira-kira 500 kali lemparan kolor deh,...hehehe

     
  • At 8:37 PM, Anonymous annots said…

    Bun, jangan lupa pesenan saya, didit dan Zam. Yang gelis, berjilbab, dan tidak pernah protes kalo ditinggal jengjeng :D

     
  • At 9:58 PM, Blogger nisa said…

    foto sunsetnya mantapppsss

     
  • At 10:45 PM, Anonymous berlin said…

    duh!!! jeng jeng ke padang rupanya si bunda.
    jangan lupa beli kripik singkong pedes "Ny. Cristin". pasti ntar ketagihan bun. he......

     
  • At 11:11 PM, Anonymous Ia said…

    tante, judulnya tuh membuat yang baca mengira si tante "tengah" berada di padang di hari pertama, hhihii.. padahal itu cerita hari pertama di padang ya? dan sekarang sudah berada jutaan lemparan kolor plus daleman lain dari padang, kan? hihihi...
    fotonya seindah cerita yang tante katakan langsung senja itu...

     
  • At 3:34 AM, Anonymous Momykeiza said…

    wah jalan2..kapan maen kesini mba? fotonya bagus banget...

     
  • At 7:31 AM, Blogger ichaAwe said…

    wah ke padang...aku blom prnh ke padang.
    aku cekikikan baca istilah selemparan kolor..kekekekek ada2 aja degh

     
  • At 8:24 PM, Anonymous cici said…

    sumpah, kaget waktu terima sms mb unai. kira gak jadi ke padang karena gak ada kbr beritanya. ternyata...
    nice 2 meet u :)
    kpn2 ke padang lg ya...bawa babe n alif juga

     
Post a Comment
<< Home
 
 
Profile

unai - Yogya, Indonesia
Sebelum kita mengantarkan mentari pulang ke peraduan, mari buka tirai sejenak, agar angin menelusupkan damai...meninggalkan rahasia..entah untuk siapa??? UNTUKMU ???
My profile

 
tag here please
Free shoutbox @ ShoutMix
 
 
Guys Next Door
 
Other Side of Me
 
 
Hobbies
 
Previous Post
 
Recent Comments
 
Archives
 
credits

BLOGGER


BlogFam Community

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 62
Lomba Hut ke-3 Blogfam

Tour de Djokdja

Pesta Blogger 2007